Minggu,21 Desember 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 Image
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
PENGUMUMAN
Kopetisi Inovasi Pelayanan Publik
  1. 1. Surat Edaran Nomor 09 Tahun 2014 Menpan RB tentang Kompetisi Inovasi  
                Pelayanan Publik  Tahun 2015
  1. 2. Permenpan RB No. 31 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
  1. 3. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun yang dapat diunduh melalui (klik disini)
 

Berita
Workshop Pengelolaan Sumber Daya Genetik Provinsi NTB
Lain-lain
Thursday, 21 August 2014
 Keragaman Sumber Daya Genetik (SDG) lokal hendaknya dapat dikelola dengan baik agar  terhindar dari ancaman erosi genetik dan kepunahan, di lain fihak masyarakat dapat memperoleh manfaatnya, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk menjaga kelestarian SDG di NTB, maka pemerintah berupaya melestarikan dan mengembangkan SDG lokal dengan melakukan kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi dan lembaga penelitian di NTB. Untuk mewujudkan hal itu, di NTB telah dibentuk Komda SDG, dengan harapan dapat memberikan dorongan kepada berbagai pihak di daerah untuk mengelola SDG dengan sebaik-baiknya, serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam upaya pelestarian dan pemanfaatannya.

Pada Selasa (19/08/2014) BPTP NTB mengadakan kegiatan Workshop Sumber Daya Genetik Provinsi NTB di BPTP NTB dengan menghadirkan 5 orang pemateri  yaitu Ir. Nyoman Sudarma, MM dari Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian NTB dengan materi “Pengelolaan lingkungan Hidup dan SDG Pronvinsi NTB”,  Dr. Kartanegara dari Lembaga Penelitian Universitas Mataram dengan materi “Pengelolaan SDG tanaman, ternak dan ikan”,  Ir. Syamsuddin dari BAPEDA NTB tentang “Kebijakan Daerah dalam Pelestarian Lingkungan”, Ir Muji Rahayu, M.Si dari BPTP NTB  tentang “Pengelolaan SDG tanaman di BPTP NTB” dan Ir. H. Sapirin MM, pakar Tanaman Herbal tentang “Pengeloaan SDG tanaman obat dan manfaatnya”. Hadir pada acara  tersebut dari Lembaga Penelitian Universitas Mataram, Universitas NW, DISHUT NTB,  BBI PPH NTB, DIPERTA NTB, DISNAKESWAN NTB, DISLUTKAN NTB, BKSDA NTB, TN GUNUNG RINJANI, BLHP NTB, BAPPEDA NTB, dan BPTP NTB.

Berita Selengkapnya
 
Tingginya Minat Kunjungan Siswa ke Lokasi Demonstrasi Teknologi
Lain-lain
Tuesday, 19 August 2014
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian akan memasuki ulang tahun yang ke-40 pada 26 Agustus 2014. Dalam kurun waktu tersebut telah banyak inovasi teknologi yang dihasilkan. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun tersebut, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat, akan menyelenggarakan Pekan Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Untuk Wilayah Kalimantan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, siswa SD Negeri 09 dan siswa SD Al Ikhsan Siantan Hulu Pontianak Utara di dampingi guru pembimbing berkunjung ke lokasi pameran dan demonstrasi teknologi BPTP Kalbar (19/08/2014). Mereka sangat antusias mengunjungi Visitor plot, kaji terap inovasi teknologi, Model Rumah Pangan Lestari, Demonstrasi Teknologi : Bagan Warna Daun (BWD), Briket Arang Sekam, Mini Biogas, Aquaponik, Alat Mesin Pertanian, Perbanyakan Trichoderma, dan menanam sayuran di Polybag. Siswa/i sangat serius dan bersemangat  mempraktekkan dalam lomba cara menggunakan Bagan Warna Daun. Kunjungan ini juga untuk menunjang Kurikulum 2013 yang merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi.
 
 
Biogas, Selain Sebagai Bahan Bakar Kompor, Juga Pembangkit Listrik
Lain-lain
Friday, 15 August 2014
 Instalasi Biogas merupakan salah satu teknologi unggulan BPTP Jawa Barat yang ditampilkan pada kegiatan Pekan Inovasi Pertanian dalam rangga mensukseskan Acara Bulan Bakti dan memperingati Ulang Tahun Badan Litbang Pertanian ke 40. Teknologi Biogas terintegrasi dengan kegiatan visitor ternak sapi di lingkungan BPTP Jawa Barat. Biogas dihasilkan dengan memanfaatkan kotoran ternak yang diolah terlebih dahulu sebelum digunakan menjadi pupuk kandang. Manfaat biogas adalah sebagai bahan bakar kompor dan pembangkit listrik. Gas yang dihasilkan dapat secara langsung digunakan dari instalasi Biogas yang disalurkan melalui selang ke peralatan lainnya. Namun saat ini sudah ada teknologi terbaru dengan memasukkan biogas kedalam tabung gas khusus. Biogas yang dimasukkan kedalam tabung gas tergantung dari besarnya kemampuan kompresor untuk mendorong gas kedalam tabung. Sementara ini kemampuan kompresor yang dimiliki BPTP Jawa Barat baru mencapai 8 bar. Tabung biogas yang berisi 8 bar dapat dimanfaatkan untuk memasak secara nonstop selama 45 menit/tabung. Hal ini cukup menarik minat pengunjung untuk mengetahui proses pembuatan biogas dan cara memasukan biogas kedalam Tabung Gas. Jumlah pengunjung untuk melihat biogas mencapai 100 orang/hari. Beberapa dinataranya memohon BPTP Jawa Barat untuk melakukan pendampingan kepada pengunjung yang akan membuat biogas di daerahnya.
 
 
Temu Koordinasi dan Temu Teknis Penyuluh Di Kabupaten Gianyar
Lain-lain
Friday, 15 August 2014
 BPTP sebagai mitra Pemda dalam memajukan pembangunan pertanian dan perdesaan, menyediakan paket teknologi pertanian kreatif guna membangun agribisnis yang berkelanjutan, membantu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani melalui upaya alih teknologi.

Untuk meningkatkan kinerja penyuluh pertanian diperlukan dukungan informasi teknologi tepat guna, bimbingan dalam melakukan pendampingan yang efektif dan efisien, pembinaan mental serta pengorganisasian di dalam melaksanakan tugas sebagai Penyuluh Pertanian. Oleh karena itu BPTP Bali secara rutin mengadakan pertemuan teknis dan temu koordinasi dengan para penyuluh di daerah-daerah.

Melalui kegiatan temu teknis dan temu koordinasi penyuluh yang dilakukan pada 13/08/2014 ini, diharapkan akan terjadi proses interaktif dalam penyampaian inovasi  untuk merubah pola pikir dari pengguna teknologi. Keterpaduan penyuluh di BPTP Bali dengan Penyuluh di daerah menjadi keharusan untuk kelancaran percepatan penyebarluasan adopsi inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian pada lokasi yang lebih spesifik, umpan balik setelah teknologi diaplikasikan bahkan memungkinkan memodifikasi teknologi sehingga bermanfaat optimal bagi masyarakat khususnya petani/pengguna.
 
 
Temu Usaha Pekan Agroinovasi 7-8 Agustus 2014
Info Aktual
Tuesday, 12 August 2014
 Salah satu rangkaian acara pada Pekan Agroinovasi dalam rangka HUT Badan Litbang Pertanian ke-40 yang diselenggarakan oleh BPTP Sulawesi Selatan tanggal 7 – 8 Agustus 2014 adalah Temu Usaha dengan Tema “Peningkatan Kapasitas Komunikasi untuk mempercepat Transfer Inovasi Pertanian di Sulawesi Selatan”.

Bertempat di Aula BPTP Sulawesi Selatan acara ini dihadiri oleh 60 orang peserta terdiri dari petani anggota KTNA dan pengusaha se Sulawesi Selatan.

Berita lengkap ...
 
Peningkatan Kapasitas Komunikasi untuk Mempercepat Transfer Inovasi Pertanian
Info Aktual
Tuesday, 12 August 2014
 Peningkatan Kapasitas Komunikasi untuk Mempercepat Transfer Inovasi Pertanian di Sulawesi Selatan adalah tema yang diangkat oleh BPTP Sul Sel - Badan Litbang Pertanian pada acara Open House 7 – 9 Agustus 2014, tempat di kantor pusat BPTP Sul Sel Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17,5 Makassar.  Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, dihadiri sekitar 300 orang peserta yang terdiri dari : Instansi Pemerintah Lingkup Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Lingkup Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Penyuluh Pertanian, Ketua KTNA, Penyelia Mitra Tani Se Sulawesi Selatan, Pengurus Gapoktan dan anggotanya se Sulawesi Selatan, mahasiswa serta para pengusaha di bidang pertanian.

Dalam sambutannya beliau mengharapkan demi pencapaian swasembada pangan, Sulawesi Selatan agar tetap menjadi  salah satu daerah lumbung pangan nasional yang dijadikan barometer keberhasilan pembangunan nasional khususnya di sektor pertanian. Olehnya itu diperlukan kerjsama yang baik antara Badan Litbang Pertanian dan Instansi Lingkup Provinsi, Kota dan kabupaten sangat diperlukan demi pencapaian keberhasilan pertanian yang ada di Sulawesi Selatan.

Berita lengkap ...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 22 - 28 of 370

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
UPBS
JPPTP
Serba Serbi KRPL
orasi
Alsintan
Produk
Agenda Kegiatan
« < December 2014 > »
S M T W T F S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday429
mod_vvisit_counterYesterday2035
mod_vvisit_counterThis week17027
mod_vvisit_counterThis month49714
mod_vvisit_counterAll2530047

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id