21January2019

You are here: Beranda >> Peneliti >> Prof. (Riset). Dr. Ir. Muhammad Arifin, MS
bannerslider
bannerslider3

Profil Peneliti Balai Besar Pengkajian

Prof. (Riset). Dr. Ir. Muhammad Arifin, MS

Muhammad Arifin dilahirkan di Yogyakarta, pada tanggal 11 Mei 1950. Gelar Sarjana Biologi dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1977; Sarjana Utama dalam bidang Ilmu Hama Tanaman dari Universaitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1983, Doktor dalam bidang Ilmu Pertanian dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1993.

Muhammad Arifin sebagai peneliti utama bidang Entomologi ( Hama dan Penyakit Tanaman) pada BBP2TP dan telah dikukuhakn sebagai profersor Riset pada tanggal 6 September 2010 dengan judul orasi : “Bioinsektisida SlNPV untuk Mengendalikan Ulat Grayak Mendukung Swasembada Kedelai”.

Disamping tugasnya sebagai peneliti ia telah menghasilkan 107 (seratus tujuh) karya tulis ilmiah yang di tulis sendiri maupun dengan penulis lain dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, dan makalah yang diterbitakan dalam Bahasa Indonesia, 10 (sepuluh) di antaranya dalam Bahasa Inggris.

Kegiatan lainnya adalah sebagai Pembimbing Skripsi pada : Universitas Nasional Jakarta; Universitas Pakuan Bogor; Institut Pertanian Bogor; Universitas Padjajaran Bandung; Universitas Islam Nusantara Bandung; Universitas Lampung; Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Sekolah Tinggi Pertanian Tanjungsari,

Ia aktif dalam organisasi profesi seperti: Anggota Perhimpunan Biologi Indonesia (1975 – sekarang); Anggota Perhimpunan Entomologi Indonesia (1978 – Sekarang); Anggota Himpunan Perlindungan Tanaman Indonesia (1985 – sekarang); Anggota Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (1999 – sekarang).

Muhammad Arifin, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Jl. Tentara Pelajar No. 10 Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Telp. 0251-8351277, Faksimile : 0251- 8350928, Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn