18July2018

You are here: Beranda >> Profil >> Sejarah
bannerslider
bannerslider3

Sejarah

Sejarah

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibidang pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

BBP2TP semula bernama Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BP2TP) yang berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian nomor 77/Kpts/OT.210/1/2002, tanggal 29 Januari 2002 dan sejak terbitnya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 301/Kpts/OT.140/7/2005 tanggal 11 Juli 2005, BP2TP berubah menjadi Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Berdasarkan Permentan tersebut, tugas BBP2TP adalah melaksanakan pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian. Dalam melaksanakan tugas tersebut BBP2TP menyelenggarakan fungsi: (a) perumusan program dan evaluasi pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian; (b) pelaksanaan kerjasama dan pendayagunaan hasil pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian; (c) pelaksanaan pengkajian dan pengembangan norma dan standar metodologi pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian; (d) pelaksanaan pengkajian dan pengembangan paket teknologi unggulan; (e) pelaksanaan pengkajian dan pengembangan model teknologi pertanian regional dan nasional; dan (f) pengelolaan tata usaha dan rumah tangga Balai Besar.

Disamping tugas pokok tersebut, BBP2TP juga mendapat tugas melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap 33 BPTP yang tersebar di seluruh Provinsi. Fungsi koordinasi dan pembinaan terhadap BPTP dilaksanakan BBP2TP dengan memanfaatkan jaringan penelitian dan pengembangan lingkup Badan Litbang Pertanian dan/atau lembaga litbang lainnya. Selain itu, BBP2TP juga akan berperan dalam pembinaan pengembangan sumberdaya manusia (termasuk pembinaan karier struktural dan fungsionalnya) serta melakukan koordinasi dan pembinaan dalam publikasi hasil-hasil penelitian/ pengkajian yang telah dihasilkan oleh BPTP.

  • Written by Administrator
  • Hits: 3765