20September2018

You are here: Beranda >> Info Teknologi >> Inovasi Ciptakan Nilai Tambah Buah Papaken dari Kalteng
bannerslider
bannerslider3

Inovasi Ciptakan Nilai Tambah Buah Papaken dari Kalteng

Namanya buah papaken, penampakannya mirip buah durian, yaitu punya duri di kulit luarnya dan warna kuning pada daging buahnya. Buah papaken adalah jenis durian spesifik yang juga menjadi komoditas unggulan terutama dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Masyarakat lebih kenal buah ini dengan nama lai. Beberapa jenis papaken yang terkenal antara lain: papaken baji, kalahi, tayum, angkarei, dan dambung. 

Saat ini, sudah banyak ditemui tanaman buah papaken yang dibudidayakan masyarakat, karena memang buah ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Namun, seperti kebanyakan buah pada umumnya, harganya akan anjlok di saat terjadi panen raya.

Untuk meningkatkan nilai ekonomisnya, buah papaken dapat diolah menjadi keripik buah. Inovasi yang dapat menambah nilai jual buah papaken adalah teknologi penggorengan vakum (vacuum frying) dengan hasil akhir keripik buah papaken yang lebih tahan disimpan dibandingkan buah segarnya.

Pada kondisi vakum, suhu penggorengan dapat diturunkan menjadi 70 – 80 derajat C karena penurunan titik didih minyak. Dengan demikian kerusakan warna, aroma, rasa dan nutrisi pada produk akibat panas dapat dihindari. Selain itu kerusakan minyak dan akibat lain yang ditimbulkan karena suhu tinggi dapat diminimalkan karena proses dilakukan pada suhu dan tekanan rendah.

Inovasi ini membuka peluang bagi industri pengolahan keripik papaken yang mampu mempertahankan aroma buah asli dan tekstur yang renyah.

Informasi lebih lanjut: BPTP Kalteng

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn