22October2018

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Pertanian Hidroponik Makin Dilirik, BB. Pengkajian Adakan Lagi Bimtek
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Pertanian Hidroponik Makin Dilirik, BB. Pengkajian Adakan Lagi Bimtek

Dewasa ini, hidroponik menjadi salah satu metode pertanaman yang diminati masyarakat luas.  Selain bisa diusahakan di tempat yang terbatas, hidroponik juga menjadi objek keindahan bagi mata yang memandangnya.  Dalam rangka memeriahkan Tarhib Ramadhan 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menyelenggarakan Bimbingan Teknik Pertanian Perkotaan yang mengambil topik khusus Budidaya Hidroponik pada 7 dan 9 Mei 2018.

Kenapa harus hidroponik ? Hidroponik menjadi prospek karena makin lama lahan semakin sempit terutama di perumahan, sedangkan kebutuhan pertanian semakin meningkat.

Total sejumlah 55 orang peserta yang datang dari berbagai komunitas yaitu perguruan tinggi, sekolah alam, penyuluh, kelompok wanita tani (KWT), ibu rumah tangga bahkan penggiat hidroponik. 

Materi disampaikan dalam bentuk teori dan praktek.  Berdasarkan sistemnya, hidroponik diklasifikasikan menjadi sirkulasi tertutup dan non sirkulasi. Tagrinob BBP2TP menerapkan sistem hidroponik dengan sirkulasi tertutup yaitu DFT (Deep Flow Techniques).  
Peserta sangat antusias dalam menerima materi yang diberikan. Hal ini terihat dari hangatnya diskusi yang berjalan, baik di kelas maupun di Tagrinov tempat praktek dilaksanakan (RPY)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn