18August2018

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Semangat Empat Pilar Kegiatan BB Pengkajian Terus Didengungkan di Seminar Proposal 2018
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Semangat Empat Pilar Kegiatan BB Pengkajian Terus Didengungkan di Seminar Proposal 2018

Sejak Kamis (8/2/2018), BB Pengkajian menyelenggarakan Seminar Proposal  Pengkajian dan  Diseminasi tahun 2018 di RR Utama BBP2TP.  Kegiatan seminar ini dihadiri oleh pejabat struktural, fungsional peneliti, penyuluh, administratur, dan pembahas. Urgensi seminar  proposal adalah sebagai  sarana sosialisasi dan pembelajaran agar lebih memahami  nilai-nilai inti, target output dan manfaat dari kegiatan BB Pengkajian.

Semangat mengimplementasikan empat pilar  untuk menopang kegiatan manajemen maupun kegiatan pengkajian dan  diseminasi, sebagaimana yang digarisbawahi Kepala BB. Pengkajian, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA.,  dalam seminar hasil pengkajian Januari lalu, terus didengungkan.  Empat pilar yang disampaikan Kabid Program dan Evaluasi, Dr. Sudi Mardianto, mewakili Kepala BBP2TP adalah  (1) pilar penciri; (2) pilar input teknologi yang berkualitas; (3) pilar entry point, serta (4) adoptif dan berkelanjutan,  sehingga diharapkan kegiatan pengkajian dan diseminasi BBP2TP dapat lebih berkualitas dan menonjol.

Kegiatan pengkajian koordinatif BBP2TP diharapkan dapat menghasilkan output penciri atau corporate identity BBP2TP.  Output yang dimaksud adalah model yang dihasilkan harus dapat diimplementasikan dan  direplikasi pada tingkat regional dan nasional, baik untuk peningkatan kinerja suatu model maupun dalam menghasilkan model yang baru.
Topik pengkajian dan diseminasi yang akan dilaksanakan di 2018 antara lain:
1. Koordinasi UPBS dan SL-Mandiri Benih
2. Diseminasi Bimtek dan Pengembangan Hortikultura dan Perkebunan
3. Dukungan Inovasi Teknologi di Daerah Perbatasan
4. Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional
5. Pengembangan Model KRPL
6. Pengembangan Kawasan Pertanian Sistem Usaha Pertanian (SUP) di Lahan Sub Optimal
7. Model Korporasi Pertanian
8. Inovasi Teknologi untuk Peningkatan Indeks Pertanaman
9. Model Pengembangan Bioindustri
10. Penyuluhan
11. Analisis Kebijakan

Salah satu saran menarik yang mengemuka dalam pembahasan seminar adalah perlunya didorong upaya-upaya  BBP2TP untuk mengangkat kembali perhatian dan minat pemuda pada pertanian sehingga ke depannya pola pengembangan diarahkan pada sasaran tersebut melalui kegiatan pengkajian dan diseminasi 2018. (ENW)

 

 

 

 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn