20February2018

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Lorong 6:1 Penanda Inovasi Budidaya Padi Balitbangtan Diadopsi Petani Bangka Selatan
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Lorong 6:1 Penanda Inovasi Budidaya Padi Balitbangtan Diadopsi Petani Bangka Selatan

Kabupaten Bangka Selatan merupakan sentra produksi padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dimana hampir separuh luas lahan padi terdapat di wilayah ini. Salah satu sentra produksi padi terdapat di Desa Rias Kecamatan Toboali yang memiliki luas hamparan 2300 hektar saat ini telah tertanam 750 hektar dengan harapan akan terus bertambah luas tanamnya pada musim tanam ini.  Pada Rabu (7/02/18) dilaksanakan Tanam bersama di lokasi tersebut.

Hadir Pj Upsus Babel, yang juga Kepala BBP2TP, Dr. Haris Syahbuddin, turut meninjau, mengevaluasi serta memotivasi pada petugas lapang untuk tetap terus meningkatkan produksi melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP), penggunaan VUB dan inovasi teknologi pendukung lainnya.  Budidaya dilaksanakan dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo 6:1, menjadi penciri hadirnya inovasi Balitbangtan di tengah-tengah masyarakat Bangka Selatan.

Haris sangat terkesan dengan semangat petani setempat yang baru bulan Desember 2017 – Januari 2018 melaksanakan panen. Setelah panen, petani langsung melaksanakan tanam kembali untuk memanfaatkan air yang cukup berlimpah di Bangka Selatan.  

Kini, pertanian Indonesia tampil dengan paradigma baru,  tiada hari tanpa tanam, tiada hari tanpa panen, sehingga ketahanan pangan nasional tetap terjaga. 

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan panen padi ladang di Desa Batu Betumpang, kecamatan Pulau Besar yang memiliki potensi panen 120 hektar. (Sumber: BPTP Balitbangtan Babel)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn