24May2018

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> CPNS Kenal Lebih Dekat Balitbangtan
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

CPNS Kenal Lebih Dekat Balitbangtan

Kamis (01/02/2018), kompleks Kampus Pertanian Cimanggu mendapat tamu sebanyak 95 CPNS yang berasal dari seluruh Indonesia yang 41 diantaranya merupakan CPNS lingkup Badan Litbang Pertanian. Kedatangan CPNS tersebut dalam rangka rangkaian kegiatan “Pembekalan dan Orientasi CPNS Balitbangtan tahun Anggaran 2018” yang  dilaksanakan di Auditorium Ismunadji  Balai Biogen, Cimanggu.

Kepala Balitbangtan, Dr. Andi Muhammad Syakir dan Kepala BBP2TP, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA., berkesempatan memberikan arahan, pembekalan dan motivasi kepada para peserta.  Pesan-pesan yang muncul dalam pembekalan tersebut adalah Menjaga 5 prinsip yang perlu dimiliki sebagai Aparatur Sipil Negara, yaitu  Loyalitas, Integritas, Kepedulian, Disiplin, Jujur.  Haris Syahbuddin menegaskan 5 prinsip tersebut untuk menjadi bekal  yang perlu ditularkan dan dicamkan, karena sepanjang 5 prinsip itu dipegang teguh, maka perjalanan karir akan diraih dengan sangat baik ke depannya.  Lima prinsip tersebut menjadi point yang kembali diingatkan Haris saat serah terima CPNS dari Eselon I ke Eselon II, yang dilaksanakan di Aula Utama BBP2TP, jumat (2/1/18). 

Selain itu Peneliti berprestasi yang dimiliki Balitbangtan ikut memberikan motivasi kepada generasi penerus Balitbangtan, seperti Dr. Ir. Buang Abdullah, M.Sc. (Peneliti Utama dan pemulia padi); Dr. Made Jane Mejaya,  M.Sc. (Peneliti Utama Puslitbang Tanaman Pangan); Dr. Ir. Tike Sartika, M.Si. (peneliti pada Balai Penelitian Ternak), dan Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng. (Perekayasa Utama Balai Besar Pengembangan Mekanisisasi Pertanian).  Sharing pengalaman tersebut dikemas dalam kegiatan Talkshow.  

 

Talkshow mengangkat tema mengenai “Succes Story dan Apakah Profesi  Peneliti, Penyuluh, dan Aparatur lainnya di Balitbangtan Menjanjikan?”. Kesempatan tersebut diamnfaatkan para CPNS untuk mengetahui bagaimana kisah sukses dan suka duka pembicara selama berkarier di Balitbangtan. 

Dalam kesempatan tersebut, CPNS ikut menyuarakan harapan dan semangatnya, salah satunya Junita dengan penempatan BPTP Sumatera Utara. “Harapan kedepan, kami bisa membangun serta berkembang bersama dengan masyarakat setempat”. Diakhir acara sedikit kutipan dari pak Buang yang disampaikan kepada para CPNS untuk meningkatkan motivasi  mereka “ Jadikan pekerjaan sebagai hobimu, agar tidak terpaksa. Kamu bekerja di pertanian, kamu perlu pupuk dan insektisida. Pupuk sendiri terdiri dari TS (Tertib dan Sopan), dan Insektisida terdiri dari DDT (Djudjur, Disiplin, Tanggungjawab). 

Selamat bergabung sebagai keluarga besar BBP2TP, semangat mengabdi dan berkarya nyata  di daerah penempatan masing-masing, BPTP yang tersebar dari sabang sampai Merauke. (dh/lthf)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn