21January2019

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Salah satunya Bengkulu dengan branding Kopi Kepahiang.
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Salah satunya Bengkulu dengan branding Kopi Kepahiang.

Pada Jumat (4/1/2018) kemarin, koordinasi PJ UPSUS PAJALE Provinsi Bengkulu yang sekaligus Kepala BBPengkajian Balitbangtan (Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA) tak hanya sebatas UPSUS PAJALE. Koordinasi yang didampingi oleh Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu dan tim juga membahas mengenai Kampung Kopi yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Agrowisata Kampung Kopi yang segera diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu menuju visit Wonderful Bengkulu 2020, berada di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang dan Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong.

Kawasan Kampung Kopi yang berada di Kecamatan Kabawetan dibagi menjadi zona inti dan zona penyangga. Wilayah Zona inti mulai dari Desa Sidorejo sampai Desa Bandung Baru, sedangkan zona penyangga yaitu Desa Tangsi Duren dan Tangsi Baru dengan total luas areal 1.000 ha.

Unit Pengolahan Hasil (UPH) direncanakan berdekatan dengan lokasi penginapan yang saat ini sudah dibangun. Salah satu kegiatan yang direncakan akan dilaksanakan diantaranya pelatihan Barista yang diperuntukkan bagi para Pemuda yang berada pada kawasan kampung kopi. Hingga saat ini unit pengolahan hasil kopi yang berada di Kecamatan Kabawetan terdapat di 3 desa yaitu Desa Bukit Sari, Desa Bandung Jaya, dan Desa Sidorejo.

Di lokasi Agrowisata Kampung Kopi tersebut, akan dibangun berbagai fasilitas pendukung yang dapat menarik masyarakat berkunjung ke tempat tersebut. Salah satunya adalah tempat bersantai para pengunjung dan fasilitas lainnya.

Sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Agroinovasi Balitbangtan Kementan, pada tahun 2019, BPTP Balitbangtan Bengkulu siap mendukung melalui beberapa kegiatan pengkajian dan diseminasi berbasis komoditas kopi yang akan dilakukan di Kabupaten Kepahiang (BPTP Bengkulu)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn