21January2019

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Kapasitas Teknologi Informasi PPL Provinsi Banten Ditingkatkan Lewat Bimtek
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Kapasitas Teknologi Informasi PPL Provinsi Banten Ditingkatkan Lewat Bimtek

 

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menjadi sarana untuk mempercepat diseminasi inovasi pertanian.  Balai Besar Pengkajian bekerjasama dengan The Asian Food and Agriculture Cooperation in Initiative (AFACI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyuluh Pertanian, dengan tema: Peningkatan Kapasitas Penyuluh Berbasis Teknologi Informasi.  

Diselenggarakan pada Kamis, 27 Desember 2018 di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten, kegiatan Bimtek diikuti oleh sekitar 30 orang penyuluh pertanian lapangan yang berada di enam kabupaten di Provinsi Banten.

Mewakili Kepala BB Pengkajian,  Kepala BPTP Banten, Dr. Sudi Mardianto dalam arahannya menyampaikan bahwa  Kementerian Pertanian telah banyak mengembangkan sistem informasi dan komunikasi, namun pemanfaatannya ditengarai belum terlalu intensif. 

"Masih belum optimalnya pemanfaatan sistem informasi yang telah dikembangkan bisa  karena kurang sesuainya informasi dengan kebutuhan atau pengguna kurang memahami isi dari sistem informasi tersebut" ungkap Dr. Sudi Mardianto. 

Melalui kegiatan Bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong pemanfaatan sistem informasi pertanian untuk menunjang aktivitas dan memperkaya pengetahuan para penyuluh, untuk selanjutnya informasi tersebut disampaikan kepada para petani. 

Pada kegiatan Bimtek ini, para peserta memperoleh beberapa materi, yaitu: Kalender Tanam Terpadu yang disampaikan Peneliti Dari Balai Penelitian Hidrologi dan Klimatologi, Sistem Informasi TAKESI dan Go-Sheep Vet yang disampaikan Peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, Layanan Konsultasi Padi yang disampaikan oleh Direktur IRRI Perwakilan Indonesia. 

Selain itu, para peserta juga memperoleh materi terkait Cyber Extension, penelusuran informasi pertanian, dan pengembangan media diseminasi berbasis video pendek, dengan narasumber dari Balai Besar Pengkajian (Ume)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn