14November2018

You are here: Beranda >> Berita >> Info Aktual >> Kepala Balitbangtan: Catatan Pangan Lokal Fiesta Untuk SDG Lokal
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini

Kepala Balitbangtan: Catatan Pangan Lokal Fiesta Untuk SDG Lokal

Andi Muhammad Syakir, Kepala Balitbangtan mengungkapkan blue print Kementerian Pertanian 2045 Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Cita-cita ini sangat beralasan atas potensi mega biodiversity  khususnya sumber pangan, sumber daya genetik yang tersebar dari Barat hingga ke Timur Indonesia, yang mampu menjadikan Indonesia ke depan sebagai negara penentu pangan dunia.

Mentan Andi Amran telah menugaskan Balitbangtan untuk hasilkan teknologi-teknologi pengolahan yang bisa mengurangi dominansi penggunaan gandum impor.  Teknologi Balitbangtan sudah siap, menunggu pengembangan, diantaranya mie berbasis pangan lokal. Ke depan Indonesia mampu mandiri.  Kemandirian yang tidak hanya berbasis padi.

Lebih lanjut Syakir menegaskan pentingnya mempertahankan kerjasama melestarikan Sumber Daya Genetik (SDG) pertanian dengan berbagai pihak.  Agar aktif bekerjasama dengan pemerintah daerah hingga pesantren-pesantren untuk membangkitkan pangan lokal ini. Contohnya peta basis pangan lokal seperti sagu di Papua dan Maluku, Sorgum dan Jagung di NTT, Hanjeli dan Ubi Kayu di Jawa Barat  serta daerah lainnya menjadi entri point implementasi pengembangan pangan lokal ke depan.

Malaikat, salah seorang peserta diantara 1000 orang yang didaulat makan mie lokal mengatakan mie lokal beda, tetap enak dan sehat. Jadi tunggu apa lagi? masalisasi mie lokal dinanti para pecinta mie... tidak berhenti hanya di promosi (ENW)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn