Senin,22 Desember 2014
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
PENGUMUMAN
Kopetisi Inovasi Pelayanan Publik
  1. 1. Surat Edaran Nomor 09 Tahun 2014 Menpan RB tentang Kompetisi Inovasi  
                Pelayanan Publik  Tahun 2015
  1. 2. Permenpan RB No. 31 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
  1. 3. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun yang dapat diunduh melalui (klik disini)
 

Berita
Balitbangtan dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara Tandatangai MoU
Info Aktual
Saturday, 20 December 2014

 BPTP Sulawesi Tenggara sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Balitbangtan, Kementerian Pertanian yang berada di daerah bertugas menyediakan teknologi spesifik lokasi guna mendukung pembangunan pertanian di daerah.  Dalam kaitannya dengan tupoksi tersebut, maka BPTP Sultra senantiasa berperan aktif dalam penyediaan teknologi termasuk di dalamnya perakitan teknologi yang bisa diterapkan di lembaga pemasyarakatan lingkup Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sultra.

Maksud dan tujuan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Kendari, pada tanggal 18 Desember 2014.  Mou tersebut ditandatangani bersama oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sultra, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sultra, dan Kepala BPTP Sultra.  Adapun tujuan perjanjian tersebut adalah meningkatkan kapabilitas dan keterampilan untuk mendorong kemandirian narapadina dan klien pemasyarakatan.


Berite lengkap...

 
Kembali 3 profesor riset Balitbangtan dikukuhkan
Info Aktual
Friday, 12 December 2014

 “Selamat dan penghargaan yang tinggi kepada Profesor Riset ke-119, ke-120, dan ke-121 yang dimiliki Balitbangtan,” demikian Kepala Balitbangtan Dr. Haryono saat menyampaikan sambutannya pada acara Orasi Pengukuhan Profesor Riset yang berlangsung  di Auditorium Ir Sadikin Sumintawikarta, Bogor, 11 Desember 2014. Ketiga Profesor Riset yang dikukuhkan adalah: Dr. Jermia Lombongan dari BPTP Sulawesi Selatan, Agus Hermawan, Ph.D dari BPTP Jawa Tengah, dan Dr. Muhammad Noor dari Balitra Banjarbaru.

Dalam sambutannya beliau juga mengemukakan bahwa empat peneliti Balitbangtan kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, memperoleh Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) 2014. Keempatnya yaitu Prof. Dr. Ir. Sri Widowati, M.App.Sc, Prof. Dr. Ir. Astanto Kasno, Dr. Ir. Sudarmadi Purnomo dan Dr. Muhammad Azrai.  Prof. Sri Widowati memperoleh anugerah di bidang paten atas temuannya yaitu Teknologi penurunan indeks glikemik beras untuk diet bagi penderita diabetes mellitus, sedangkan 3 peneliti lainnya mendapatkan anugerah pada kategori perlindungan varietas tanaman.

Berita lengkap ...
 
Sertifikasi Profesi Penyuluh Pertanian Lingkup Badan Litbang Pertanian
Info Aktual
Thursday, 04 December 2014
 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bekerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi penyuluh pertanian lingkup Balitbangtan pada tanggal 24 – 29 November 2014 di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Jawa Barat.

Kegiatan ini adalah merupakan implementasi dari UU No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (SP3K), bahwa Penyuluh Pertanian, Perikanan,dan Kehutanan selain sebagai pejabat fungsional juga merupakan profesi. Bagi Penyuluh yang dinyatakan memenuhi persyaratan sertifikasi melalui uji kompetensi berhak  memperoleh tunjangan profesi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, dalam Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2010 tentang Organisasi Kementerian Pertanian diyatakan bahwa BPPSDMP menyelenggarakan fungsi standardisasi dan sertifikasi SDM Pertanian.

Berita lengkap ...
 
Gelar Teknologi Balitbangtan Pada Hps 2014 Dapat Apresiasi Presiden
Info Aktual
Saturday, 08 November 2014
 Kedelai dan cabai dapat tumbuh baik di lokasi Maccini Sombala of Indonesia (MoI) ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat mengunjungi lokasi Gelar Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Hari Pangan Sedunia (HPS) di Makassar pada 5 November 2014.  Antusiasme Bapak Presiden semakin meningkat saat berkunjung ke area jagung dan sorgum serta Saung Toraja yang menampilkan alsin pengolah sorgum menjadi sumber pangan dan bioenergi. Sorgum yang ditampilkan Balitbangtan merupakan varietas yang juga dapat dikembangkan di lahan marjinal termasuk lahan gambut. Oleh karena itu, Presiden juga berpesan agar sorgum segera dibudidayakan secara masif di lahan gambut dengan melibatkan swasta (pengusaha) dan disertai dengan alat proses pengolahan pangan dan energi berskala besar.  Tugas Kementerian Pertanian adalah bagaimana inovasi yang dihasilkan Balitbangtan dapat dengan mudah diaplikasikan di lahan petani, termasuk ketersediaan benih dan kelayakan ekonominya.  Kesan mendalam RI-1 dan Mentan setelah melihat secara langsung karya nyata dan kerja keras Balitbangtan dalam menghasilkan inovasi pertanian adalah optimisme terhadap capaian swasembada pangan dan energi.  Demikian sekilas atas apresiasi Presiden RI  beserta  Gubernur Sulawesi Selatan dan Menteri Pertanian pada saat mengunjungi lokasi Gelar Teknologi Pertanian di MoI dalam rangka peringatan hari Pangan Sedunia ke 34.
Berita lengkap ...
 
Koordinasi PSDSK, Jaring Kemajuan Kegiatan Pendampingan
Seminar/Lokakarya
Tuesday, 28 October 2014

 Rapat koordinasi tindak lanjut pendampingan PSDSK 2014 telah diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2014  di hotel Swiss –Bellin, Jl. Ahmad Yani Km 2, Pangkalan bun, Kalimantan tengah. Acara dibuka oleh Prof. Syamsul Bachri dari Puslitbangnak. Peserta sebanyak 23 orang terdiri dari para penanggung jawab kegiatan pendampingan PSDSK di 24 BPTP lingkup BBP2TP, BBP2TP, 4 kepala BPTP, Balitvet dan BBSDLP. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan dengan maksud untuk menindaklanjuti kegiatan pendampingan PSDSK TA 2014, menjaring kemajuan kegiatan pendampingan PSDSK serta kunjungan lapang sistem penggembalaan sapi di perkebunan sawit.

Adapun presentasi meliputi antara lain : 1) SosialisasiPermentan No. 105/Permentan/PD. 300/8/2014 tentang Integrasi Usaha perkebunan Kelapa Sawit dengan Usaha Budidaya Sapi Potong. Permentan ini memberikan kepastian bagi pelaku usaha perkebunan kelapa sawit dan/atau pelaku usaha budi daya sapi potong dalam melakukan integrasi usaha sawit-sapi dengan pendekatankemanfaatan, keterpaduan dan keberlanjutan; 2) Prospek Pengembangan Peternakan Sapi di Lahan perkebunan Sawit oleh PT. Medco Agro, 3) Program BBSDLP dalam membangun Eco Green di Lahan Sawit oleh BBSDLP, 4) Pengembangan Integrasi Sapi Sawit dalam Mewujudkan Pertanian Bioindustri oleh BBP2TP dan 5) Kajian Awal Integrasi Sawit Sapi (2013) di Kalimantan Tengah oleh Lolit Sapi Potong.  

 

 

Berita lengkap ...
 
Penyuluh Lingkup Balitbangtan Harus Kuasai Metodologi Pengkajian Penyuluhan
Seminar/Lokakarya
Friday, 24 October 2014

 Tugas pokok Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dalam perspektif sistem inovasi pertanian nasional berada pada subsistem  pengadaan inovasi (generating subsystem), subsistem penyampaian (delivery subsystem) dan pada subsistem penerimaan (receiving subsystem) berupa penjaringan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan ke depan inovasi yang dihasilkan. Hal tersebut mengandung makna bahwa kegiatan penelitian dan pengkajian (litkaji) serta kegiatan diseminasi inovasi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan penciptaan inovasi itu sendiri.

Dalam kaitan peran tersebut, keberadaan penyuluh pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yang berada di seluruh provinsi memegang peranan yang penting. “Sebagai tenaga fungsional di lembaga penelitian, penyuluh pertanian lingkup Balitbangtan  selain sebagai agent of change atau agen perubahan juga harus mampu melakukan pengkajian penyuluhan dan evaluasi diseminasi yang nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan pendekatan dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi inovasi teknologi” ungkap Dr. Agung Hendriadi, M.Eng, Sekretaris Balitbangtan pada saat membuka ToT.
Berita lengkap ...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 7 of 370

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
orasi
Alsintan
Produk
Serba Serbi KRPL
UPBS
JPPTP
Agenda Kegiatan
« < December 2014 > »
S M T W T F S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1200
mod_vvisit_counterYesterday2225
mod_vvisit_counterThis week1200
mod_vvisit_counterThis month52710
mod_vvisit_counterAll2533043

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id