Jum'at,30 Januari 2015
 

Link
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
PERATURAN
 
Petunjuk Pelaksanaan
 
Buku Teknologi
 
PENGUMUMAN
Kopetisi Inovasi Pelayanan Publik
  1. 1. Surat Edaran Nomor 09 Tahun 2014 Menpan RB tentang Kompetisi Inovasi  
                Pelayanan Publik  Tahun 2015
  1. 2. Permenpan RB No. 31 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
  1. 3. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun yang dapat diunduh melalui (klik disini)
 

Berita
BPTP Sumut Melatih 133 TNI-AD Sebagai Kader Ketahanan Pangan
Lain-lain
Wednesday, 21 January 2015
 Tugas utama TNI sesuai UU no. 34 Tahun 2004 selain perang juga membantu tugas pemerintahan di daerah melalui fungsi utama pembinaan teritorial yang secara luas termasuk didalammnya mencakup penyiapan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah guna membantu pemenuhan kebutuhan pokok  masyarakat di bidang pangan.  Hasil koordinasi Pangdam I/BB dengan Gubernur Sumatera Utara tentang upaya mewujudkan swasembada pangan di wilayah Propinsi Sumatera Utara sebagaimana arahan Presiden RI ditindak lanjuti dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kader Ketahanan Pangan di Wilayah Kodam I Bukit Barisan dan Pencanangan Swasembada Pangan. 

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di UPT Balai Benih Induk Murni - Tanjung Morawa Dinas Pertanian Propinsi Sumatera dari tanggal 12 – 15 Januari 2015.  Tanggal 16 Januari dijadikan sebagai hari Pencanangan Swasembada Pangan.  Peserta yang dilatih sebanyak 133 personil  terdiri dari : para Dandim wilayah Kodan I/BB, para Kasiter Korem wilayah Kodam I/BB;  para Pasiter Kodim wilayah Kodam I/BB dan masing-masing 2 orang Bintara dari masing-masing Kodim.  Turut hadir pada acara pembukaan Kepala dan Sekretaris Badan Litbang Pertanian serta beberapa pejabat dari Badan Litbang Pertanian lainnya.

Berita lengkap ...
 
Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak Andalkan BPTP Sebagai Penyedia Teknologi Pertanian
Lain-lain
Wednesday, 21 January 2015

Sebagai salah satu UPT Kementerian Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat (BPTP Kalbar) memiliki peran dan tugas dalam menyumbangkan inovasi teknologi untuk pengembangan pertanian di daerah. Hal ini dibuktikan dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Landak yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Landak pada tanggal 08 Januari 2015. BPTP Kalbar menjadi nara sumber dalam rakor tersebut. Pertemuan dibuka dan dipimpin oleh Bupati Landak selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak.

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan ini dihadiri oleh seluruh anggota DKP Kab. Landak, Pokja Ahli DKP Kab. Landak, para Camat Se kab. Landak, Kepala SKPD, Kepala BP3K dan Ketua-Ketua Perhimpunan Tani. Kepala BPTP menyampaikan hasil kinerja BPTP selama pendampingan kegiatan yang sudah dilakukan di wilayah kabupaten Landak meliputi pendampingan PTT padi dan jagung, M-P3MI, validasi Kalender Tanam Terpadu dan pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dalam rakor tersebut, Kepala BPTP sekaligus menyerahkan secara simbolis kepada Bapak Bupati berupa Kalender Tanam Dinamis Terpadu dan Rekomendasi Pemupukan padi dan jagung.

Berita lengkap ...
 
Raker Balitbangtan di Awal Tahun 2015
Info Aktual
Wednesday, 14 January 2015

 Mengawali tahun anggaran 2015 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menyelenggarakan Rapat Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Januari 2015,  dengan tema “Program dan Tata Kelola Balitbangtan TA. 2015 Mendukung Swasembada Pangan, dibuka oleh Bapak Kepala Badan Litbang Pertanian. Rapat kerja menghadirkan Pembicara Tamu baik internal maupun eksternal Kementerian Pertanian serta para pembicara internal Badan Litbang Pertanian.  Adapun peserta Raker berjumlah 270 orang terdiri  dari  pejabat Eselon-2, Eselon-3, Eselon-4, Koordinator Program,  perwakilan Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) lingkup Badan Litbang Pertanian dan para Kepala Pusat Penelitian eks LRPN.

Hasil Selngkapnya   


 
Kebut Pencapaian Kedaulatan Pangan bersama TNI AD
Info Aktual
Wednesday, 14 January 2015

 Seperti diberitakan sebelumnya, dalam pencapaian Kedaulatan Pangan, pemerintah melibatkan TNI AD. Hari ini (14/1/15), BPTP Jatim menindaklanjuti dengan melatih 77 orang anggota TNI AD sejatim. Acara yang dibuka oleh Asisten Teretorial Kasdam V/ Brawijaya, Kolonel Infantri Joko Hadi Susilo, dilaksanakan di Gedung Bela Negara di Rampal, Malang. Di Rampal khusus untuk materi teori, sedangkan praktik dilaksakan di BPTP Jatim besok (15/1/15).

Di hadapan para Perwira 1, Bintara 1, Batalyon, dan Brigade dari satuan jajaran Kodam V /Brawijaya  Jatim, dalam sambutannya Susilo menjelaskan tujuan dari pelatihan. Dipaparkannya, “Pelatihan ini untuk mendukung program Kedaulatan Pangan pemerintah. Tidak hanya itu, juga agar bisa memanfaatkan lahan tidur milik TNI dan membantu meningkatkan efektivitas penyuluhan pertanian.”

Kepala Diperta Provinsi Jawa Timur, diwakili oleh Kabid Produksi Tanaman Pangan, Ir. Achmat Nurfalaqi, MP, menyampaikan program pembangunan pertanian di Jawa Timur yang mendukung swasembada.

Kepala BPTP Jatim, Dr. Tri Sudaryono, menyambut baik harapan Susilo itu. Setelah menjelaskan tugas, visi, dan misi BPTP Jatim, ditekankannya, bahwa BPTP Jatim terbuka kepada seluruh komponen masyarakat untuk berkolaborasi, meningkatkan kinerja pertanian. Diharapkan pelatihan ini merupakan pintu awal untuk secara bersama-sama dan berkelanjutan menggarap bidang pertanian.
Selengkapnya

 
Anggota Kodim 0101 Aceh Besar Praktek Tanam Padi Sistem Legowo
Info Aktual
Wednesday, 14 January 2015

 Sebanyak 150 prajurit TNI-AD dari kesatuan Kodim 0101/ BS Aceh Besar, Selasa (6/1) melakukan praktek tanam padi sistem Legowo (Aceh : Jurong) 2 : 1 di Desa Tumbo Kecamatan Kuta Melaka Aceh Besar. Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh peneliti dan penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh. Selain prajurit TNI, hadir pula Kepala BPTP Aceh Ir. Basri A. Bakar M.Si, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Ir. Hasballah, Kepala BPP Kuta Melaka Idar Laila S.P., M.P dan sejumlah penyuluh lapangan.

Di penghujung tahun 2014 lalu, BPTP juga telah membimbing sejumlah 90 TNI-AD dari Kodam IM untuk mengetahui cara budidaya padi mulai penggunaan benih unggul, sistem tanam Legowo, pemupukan berimbang, pengendalian hama penyakit dan kebijakan pertanian dalam upaya mendongkrak produksi padi nasional. Mereka juga diajarkan cara fermentasi jerami untuk pupuk kompos dan pakan ternak.

Kerjasama tentang pelatihan pertanian khususnya padi antara BPTP - KODIM 0101 diharapkan selain membekali prajurit dengan pengetahuan pertanian, juga akan bersinergi dengan petugas lapangan dalam upaya mencapai swasembada pangan di Provinsi Aceh. “Ini bentuk dukungan TNI-AD di bidang pertanian terutama dalam mencapai swasembada pangan khususnya padi di Provinsi Aceh,” ujar Basri A. Bakar.  Disebutkan Aceh dibebankan untuk menghasilkan gabah sebanyak 2,7 juta ton pada tahun 2015, sehingga kerjasama dengan TNI dinilai cukup positif. Menurut Basri, praktek menanam padi juga dibekali dengan teori pada hari Senin (5/1) di aula Markas Kodim disertai praktek fermentasi jerami.

Selengkapnya... .

 
Balitbangtan dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara Tandatangai MoU
Info Aktual
Saturday, 20 December 2014

 BPTP Sulawesi Tenggara sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Balitbangtan, Kementerian Pertanian yang berada di daerah bertugas menyediakan teknologi spesifik lokasi guna mendukung pembangunan pertanian di daerah.  Dalam kaitannya dengan tupoksi tersebut, maka BPTP Sultra senantiasa berperan aktif dalam penyediaan teknologi termasuk di dalamnya perakitan teknologi yang bisa diterapkan di lembaga pemasyarakatan lingkup Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sultra.

Maksud dan tujuan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Kendari, pada tanggal 18 Desember 2014.  Mou tersebut ditandatangani bersama oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sultra, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sultra, dan Kepala BPTP Sultra.  Adapun tujuan perjanjian tersebut adalah meningkatkan kapabilitas dan keterampilan untuk mendorong kemandirian narapadina dan klien pemasyarakatan.


Berite lengkap...

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 7 of 375

Jejak Pendapat
Bagaimana Pendapat anda tentang Website ini?
 

Image
 
GANDARIA
 
Highlight
Serba Serbi KRPL
orasi
UPBS
Alsintan
Produk
JPPTP
Agenda Kegiatan
« < January 2015 > »
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3228
mod_vvisit_counterYesterday11311
mod_vvisit_counterThis week49210
mod_vvisit_counterThis month100000
mod_vvisit_counterAll2767001

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ©2009
Jl. Tentara Pelajar No. 10 Bogor 16114 Indonesia
Telp. (0251) 8351277 Fax. (0251) 8350928 E-mail: bbp2tp@litbang.deptan.go.id